Image16
Image15
Image14
Image13
Image12
Image11
Image10
Image9
Image6
Image3
Image7
Image4
Image5
Image1
Image8
Image2

Perlu Gerakan Bersama Untuk Penyelamatan Lingkungan

PURWOREJO - Seiring adanya perubahan kultur masyarakat  yang kian gencar melakukan alih fungsi  lahan hijau  dan cenderung mengabaikan  lingkungan  jangka panjang  dan kondisi tersebut perlu disikapi dengan menggalakan  gerakan penyelamat lingkungan dengan cara menanam pohon, sebab kalau di biarkan maka acaman potensi bencana di Kabupaten Purworejo akan lebih tinggi.   

Dan kondisi saat ini masih lumrah .karena kalau banjir  dan longsor banyak terjadi karena tidak meresap kedalam tanah ,tapi mengalir kepermukan saja. Hal  inilah  disampaikan Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, Rabu ( 5/2 )

Dan berdasarkan pengalamanya mengelola sumber air bersih untuk kebutuhan PDAM banyak sumur yang membutuhkan perawatan  lagi , titik air banyak mengalami perubahan hingga menjadi hilang.

Bahkan setiap tahunnya sumber air terus menurun dan menurutnya dari  hasil kajian bersama dengan teman - teman alumninya di ITB ( Institut Teknologi Bandung ) ,memang terjadi perubahan cekungan didalam tanah , padahal cekungan itu merupakan penyimpanan air

Dan terjadi cekungan didalam tanah banyak yang hilang , dan banyak sekali sumber air - sumber air yang mati , katanya.

Dan pola masyarakat yang melakukan pergantin terhadap tanaman keras dengan tanaman instan yang menjadi pemicu keringnya sumber air . Tanaman instan  tidak mampu berfungsi sebagai penyimpanan air ,malah sebaliknya menyedot air.

Ditangah masyarakat memang banyak sekali alih fungsi lahan , katakanlah tanah lahan pemukiman perkebunan atau dirabat, hingga air tidak masuk ketanah.

Dan badan uasah di pimpannya ,saat ini PDAM rutin memberikan rangsangan bagi masyarakat  untuk kembali masyarakat menanam  dan tidak hanya pelanggan  melainkan juga masyarakat non pelanggan.


Kita semua perlu menjaga kelestarian lingkungan didaerah tangkapan air ,maka di kawasan itu perlu dtanaman yang punya nilai jual  Gayam , Jati ,Beringin dan masih banyak lainnya ,ungkapnya. 

Sementara untuk kawasan perkotaan, dirinya memilih memberikan tanaman buah. Ini dimaksudkan semangat untuk menanam tetap terjaga karena tanaman itu dapat dinikmati buahnya.

“Selain kondisi tanah terjaga, masyarakat juga memperoleh buahnya,” tandasnya.
Previous Post Next Post