Image16
Image15
Image14
Image13
Image12
Image11
Image10
Image9
Image6
Image3
Image7
Image4
Image5
Image1
Image8
Image2

Potensi Garam Di Kawasan Selatan Cukup Besar Komisi III Meminta Perhatian Pemerintah Daerah Lebih Serius

Liputan Jawa Tengah.com (PURWOREJO) Potensi garam di kawasan selatan masih cukup besar ,karena produktifitas yang dihasilkan para petani garam diselatan masih sangat minim. Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo diminta oleh  Komisi III DPRD Kabupaten Purworejo untuk memberi  perhatian yang lebih serius.     

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Purworejo yakni Sekar Ati Anggorini  saat detemui para awak media di Gedung DPRD Kabupaten Purworejo usai mengikuti sidang paripurna dengan agenda sidang tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke 76 secara vertual menyampaikan ,kami Komisi III kemarin menyempatkan diri untuk mengunjungi kelompok petani garam di pesisir selatan. 

Dengan sepanjang pantai 22 kilometer yang kita miliki kami melihat  peluang pengembangan produktifitas garam masih sangat besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di selatan ,kususnya di Kabupaten Purworejo. Dikatakan oleh Sekar Ati Anggorini jika data yang ada ,kebutuhan garam kosumsi untuk masayarakat Purworejo sebanyak 2,313 ton pertahun. Dan seluruhnya  suplay dari luar daerah ,karena produksi petani garam Purworejo masih sangat minim.

"Saat ini untuk produksi kita perbulan baru pada kisaran 2-3 ton per bulan,tentunya masih sangat berpeluang guna mencukupi kebutuhan masayarakat Purworejo,ungkapnya. Pihaknya mendorong Pemrintah Daerah agar memberikan perhatian yang lebih serius ,mengingat potensi garam di pesisir selatan Purworejo sangat besar.

"OPD terkait sudah memberikan laporan pada kami,kalau sudah mulai bergerak dengan adanya rencana kelembagaan yang dibentuk yaitu Koperasi Garam yang nantinya akan mewadahi semua produsen garam yang ada di Kabupaten Purworejo dan termasuk dengan pengembangan pemasaran serta kemasan  produk garam, tentunya kami mendorong agar lebih maksimal.

Politisi Partai Demokrat ini berharap dengan semakin berkembangnya usaha pembuatan garam ini dapat mewujudkan Kabupaten Purworejo sebagai sentral penghasil garam organik untuk konsumsi dan industri melalui kelembagaan Koperasi Garam.  " Pada  akhirnya nantinya  akan terwujud peningkatkan pendapatan dan kesejahteraan di wilayah pesisir selatan juga masyarakat Kabupaten Purworejo,pungkasnya.

Previous Post Next Post